Minggu, 23 Januari 2011

Apasih Bedanya Campak Dengan Roseola ?

Seringkali para bunda di buat bingung kalo sikecil demam yang di sertai ruam merah yang muncul bersamaan dengan demam atau sesudah demam turun. Ada spekulasi apakah DB, Campak , atau terkena virus Roseola. Tapi sekarang yang ingin saya fokuskan adalah perbedaan antara Roseola dengan Campak.

Bedanya paling kentara pada saat muncul ruamnya…
kalo roseola tu muncul ruam saat panas udah turun..
kalo campak tuh munculnya ruam saat panas tinggi…
Campak disertai gejala batuk pilek plus mata merah n berair…

Kalo umur pasien ya emang gak ngenal umur…. Smua bs kena
namanya juga virus but kata temen saya yg dokter roseola
bisa terjadi pada anak dibawah usia 3 tahun, tp lplg sering 9 sp 12 bulan.

Tampek adl nama awam dr campak.. klo roseola org Jawa bilang gabagen

Berikut perbedaan Roseola dengan Campak :

Roseola Infantum

DEFINISI
Roseola Infantum adalah suatu penyakit virus menular pada bayi atau
anak-anak yang sangat muda, yang menyebabkan ruam dan demam tinggi.
Roseola biasanya menyerang anak yang berumur 6 bulan - 3 tahun.

PENYEBAB
Penyebabnya adalah virus herpes tipe 6 dan 7.
Virus disebarkan melalui percikan ludah penderita.
Masa inkubasi (masa dari mulai terinfeksi sampai timbulnya gejala)
adalah sekitar 5-15 hari.Biasanya penyakit ini berlangsung selama 1 minggu.

GEJALA
Demam timbul secara tiba-tiba, mencapai 39,4-40,6°Celsius dan
berlangsung selama 3-5 hari. Meskipun demam tinggi,tetapi anak tetap
sadar dan aktif. Pada saat suhu tubuh mulai tinggi, 5-10% penderita
mengalami kejang demam (kejang akibat demam tinggi).
Bisa terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di belakang kepala,
leher sebelah samping dan di belakang telinga.Limpa juga

Pada hari keempat, demam biasanya mulai turun.Sekitar 30% anak memiliki ruam
(kemerahan di kulit),yang mendatar maupun menonjol, terutama di dada
dan perut dan kadang menyebar ke wajah, dan tungkai.

Ruam ini tidak menimbulkan rasa gatal dan berlangsung selama beberapa
jam sampai 2 hari.

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.

PENGOBATAN
Untuk menurunkan demam, bisa diberikan asetaminofen.
Kepada anak-anak tidakboleh diberikan aspirin karena bisa menyebabkan
sindroma Reye.Sebaiknya anak dikompres dengan menggunakan handuk atau lap yang
telah dibasahi dengan air hangat (suam-suam kuku). Jangan menggunakan
es batu, air dingin, alkohol maupun kipas angin.
Usahakan agar anak minum banyak air putih atau potongan-potongan es
batu,rutan elektrolit atau kaldu.Selama demam, sebaiknya anak menjalani tirah
baring.

Campak

Campak atau MEASLES (RUBEOLA)lebih terkenal sebagai penyakit gatal2.
Tetapi penyakit ini adlah infeksi saluran pernafasan.
Gejala2 pertamanya adalah hidung meler, mata memerah dan sensitif terhadap
cahaya,
batuk berat dan demam yg dapat mencapai 40,6 derajat celcius atau 105
Fahrenheit.
Demam mencapai puncaknya bersamaan dengan munculnya gatal yang biasanya mulai
dari dahi, lalu ke wajah,leher dan tubuh. Biasanya gatal2 akan mencapai kaki
pendarita sekitar 3 hari. Dan kalau gatal2 sudah mencapai kaki, gatal2 tsb
akan hilang dlm waktu 2 hari. Warna dari gatal tsb bisa merah mendekati
kecoklatan dan berbentuk titik2 besar yg rata dengan kulit. Gatal2nya akan
menghilang
berawal seperti datangnya, yaitu dari dahi, wajah, leher dan tubuh. Kulit akan
mengelupas saat gata2l ini menghilang kembali seperti semula.

Campak atau MEASLES juga disebabkan oleh virus.Kalau yg menderita org
dewasa,keadaannya bisa lebih parah. Penyakit ini dapat mengakibatkan beberapa
komplikasi antara lain bronchitis, paru2 basah/pneumonia, brochiolitis,
conjunctivitis,myocarditis, hepatitis dan enchepalitis. Campak juga membuat
tubuh penderita rentan akan infeksi telinga dan paru2 basah/pneumonia akibat
bakteri. Cara pencegahan dan pengobatan terhadap campak adalah dengan imunisasi
vaksin campak atau MEASLES (MMR) Untuk penderita bisa diberikan dalam waktu 3
hari sesudah dia terkena penyakit tsb. Vaksin campak tidak boleh diberikan
kepada wanita hamil, penderita TBC, leukemia, lymphoma, atau berkurangnya daya
tahan tubuh. begitu pula orang2 yg memiliki alergi berat terhadap telur dan
antibiotic neomycin. Kalau diberikan vaksin tsb dapat mengakibatkan kematian.

Masa inkubasi campak atau measles adalah 9 - 11 hari antara hari pertama
tertular penyakitnya dan munculnya gejala2 pertama, yaitu gatal2. Penyakit ini
biasanya dialami antara 10 - 14 hari dari gatal2 pertama smaapi gatal2nya
hilang. Sembilan puluh persen orang yg belum diimunisasi campak dapat terkena
penyakit ini dengan mudahnya, karena tingkat penularannya sangat tinggi.
Penyebaran virus dalam bentuk cairan yg berasal dr mulut dan hidung, melalui
udara.
Untuk menangani penderita campak, berikan cairan secukuonya. Misalkan air minum,
juice buah, teh dan lemonade untuk mengganti cairan yg hilang akibat panas
tinggi.
Cairan juga berguna untuk mencegah infeksi paru2/pneumonia.Gunakan vaporizer
untuk melancarkan batuk dan saluran pernafasan. Penderita jangan diperbolehkan
menonton tv, karena mata mreka sensitif thdp cahaya. Istirahat sebanyak2nya.

Ini artikel Campak dari medicastore

DEFINISI
Campak (Rubeola, Campak 9 hari) adalah suatu infeksi virus yang sangat menular,
yang ditandai dengan demam, batuk, konjungtivitis (peradangan selaput ikat mata/
konjungtiva) dan ruam kulit.Penularan infeksi terjadi karena menghirup percikan
ludah penderita campak.Penderita bisa menularkan infeksi ini dalam waktu 2-4
hari
sebelum rimbulnya ruam kulit dan selama ruam kulit ada.Sebelum vaksinasi campak
digunakan secara meluas, wabah campak terjadi setiap 2-3 tahun, terutama pada
anak-anak
usia pra-sekolah dan anak-anak SD.Jika seseorang pernah menderita campak, maka
seumur hidupnya dia akan kebal terhadap penyakit ini.

PENYEBAB
Campak disebabkan oleh paramiksovirus.Penularan terjadi melalui percikan ludah
dari hidung, mulut maupun tenggorokan penderita campak.
Masa inkubasi adalah 10-14 hari sebelum gejala muncul.
Kekebalan terhadap campak diperoleh setelah vaksinasi, infeksi aktif dan
kekebalan pasif
pada seorang bayi yang lahir ibu yang telah kebal (berlangsung selama 1 tahun).
Orang-orang yang rentan terhadap campak adalah:
- bayi berumur lebih dari 1 tahun
- bayi yang tidak mendapatkan imunisasi
- remaja dan dewasa muda yang belum mendapatkan imunisasi kedua.

GEJALA
Gejala mulai timbul dalam waktu 7-14 hari setelah terinfeksi,yaitu berupa:
- nyeri tenggorokan
- hidung meler
- batuk
- nyeri otot
- demam
- mata merah
- fotofobia (rentan terhadap cahaya, silau).
2-4 hari kemudian muncul bintik putih kecil di mulut bagian dalam (bintik
Koplik).
Ruam (kemerahan di kulit) yang terasa agak gatal muncul 3-5 hari setelah
timbulnya
gejala diatas. Ruam ini bisa berbentuk makula (ruam kemerahan yang mendatar)
maupun
papula (ruam kemerahan yang menonjol). Pada awalnya ruam tampak di wajah, yaitu
di
depan dan di bawah telinga serta di leher sebelah samping. Dalam waktu 1-2hari,
ruam menyebar ke batang tubuh, lengan dan tungkai, sedangkan ruam di wajah
mulai memudar.
Pada puncak penyakit, penderita merasa sangat sakit, ruamnya meluas serta suhu
tubuhnya
mencapai 40° Celsius. 3-5 hari kemudian suhu tubuhnya turun, penderita mulai
merasa
baik dan ruam yang tersisa segera menghilang.

KOMPLIKASI
Pada anak yang sehat dan gizinya cukup, campak jarang berakibat serius.
Beberapa komplikasi yang bisa menyertai campak:
1.. Infeksi bakteri
- Pneumonia
- Infeksi telinga tengah
2.. Kadang terjadi trombositopenia (penurunan jumlah trombosit), sehingga
pendeita
mudah memar dan mudah mengalami perdarahan
3.. Ensefalitis (inteksi otak) terjadi pada 1 dari 1,000-2.000 kasus.

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan ruam kulit yang khas.
Pemeriksaan lain yang mungkin perlu dilakukan:
- pemeriksaan darah
- pembiakan virus
- serologi campak.

PENGOBATAN
Tidak ada pengobatan khusus untuk campak. Anak sebaiknya menjalani tirah baring.
Untuk menurunkan demam, diberikan asetaminofen atau ibuprofen.
Jika terjadi infeksi bakteri, diberikan antibiotik.

PENCEGAHAN
Vaksin campak merupakan bagian dari imunisasi rutin pada anak-anak. Vaksin
biasanya diberikan dalam bentuk kombinasi dengan gondongan dan campak Jerman
(vaksin MMR/mumps, measles, rubella), disuntikkan pada otot paha atau lengan
atas. Jika hanya mengandung campak, vaksin
dibeirkan pada umur 9 bulan. Dalam bentuk MMR, dosis pertama diberikan pada
usia 12-15 bulan,
dosis kedua diberikan pada usia 4-6 tahun

Sumber : klik disini

1 komentar:

  1. makasih infonya ya jeng...beberapa hari yang lalu anakku sepertinya terkena virus roseola infantum. tapi alhamdulillah sudah membaik sebelum aku mengetahui pasti apa penyebabnya.

    BalasHapus

Silahkan berkomentsr disini